Cari Blog Ini

Sabtu, 06 September 2014

Review Bootleg Reject VS Bootleg Recast TMNT 2014 Movie Figure ( Michelangelo )

06 September 2014

REVIEW BOOTLEG REJECT VS BOOTLEG RECAST TMNT 2014 ( MICHELANGELO )



Hai... hai... apa kabar kawan, jumpa lagi bersama saya Edwin host hobi375.blogspot.com. Di awal review saya tampilkan gambar 3 buah action figure bootleg Michelangelo dari lini movie TMNT 2014, ada apa dengan figur-figur bootleg Michelangelo tersebut??? Penasaran??? Yuk kawan langsung saja saya masuk ke dalam bahasan kali ini. Jreng... Jreng... 
Dari 3 buah figur Michelangelo di atas apakah kawan-kawan dapat menemukan perbedaannya? Yups "Serupa Tapi Tak Sama" itu kalimat yg tepat untuk ketiga figur bootleg Michelangelo di atas. Saya akan memberikan beberapa tanda pada gambar di awal supaya kawan bisa membedakan ke-3 figur tadi, dan hasilnya seperti gambar berikut di bawah ini.


Ketiga figur Michelangelo tersebut memang bootleg tetapi di sini saya akan membedakan bootleg tersebut menjadi 2 kategori, yaitu kategori barang/mainan bootleg reject saya mendefiniskannya sebagai mainan/barang yang merupakan barang orisinil yang tidak lulus uji kualitas kontrol pabrik yang seharusnya tidak boleh beredar tetapi barang tersebut bisa lolos atau beredar di pasaran, dan kategori ke dua yaitu barang/mainan bootleg recast di mana menurut definisi saya barang/mainan tersebut merupakan hasil cetak ulang ( lebih di kenal dengan istilah recast ) dari barang asli atau isitlahnya benar-benar barang bajakan dari barang orisinal pabrik. Mike nomor 1 dan 3 saya kasih keterangan reject karena menurut saya ke dua barangnya memang memiliki karakteristik barang rejekan pabrik, yaitu dapat kawan lihat ke dua mike itu tadi  hasil dari bongkar pasang yang sudah pernah saya review sebelumnya ( link : http://hobi375.blogspot.com/2014/08/tmnt-2014.html ), dan dikarenakan setelah melihat review figur original Mike TMNT 2014 di beberapa forum Mike nomor 3 paling mirip dengan asli maka saya gunakan nomor 3 ini sebagai patokan barang asli dari Mike TMNT 2014. Untuk figur Mike dengan kode 2 keterangan Recast itu yang akan kita bahas lebih lanjut untuk di bandingkan dengan figur Mike nomor 3.


Pada gambar di atas saya memberikan beberapa tanda pada figur Mike nomor 2, di mana pada beberapa bagian yang saya berikan tanda tersebut merupakan bagian paling mencolok yang dapat membedakan barang itu memang figur Mike hasil recast. Pada bagian kepala sekilas nampak dari jauh tidak ada perbedaan dengan barang nomor 3, tetapi kalau di amati dari dekat bagian bandana atau ikat kepala yang dapat membedakannya. Pada Mike nomor 3 bandana / ikat kepala terbuat dari plastik asli cetakan dengan warna oranye, sedangkan pada Mike nomor 2 bandana / ikat kepala tersebut cetakan dasar aslinya berwarna hijau yang selanjutnya di cat dengan warna oranye. Bandana Mike nomor 2 terlihat catnya agak kurang rapih, dan ada bagian yg sedikit terkelupas terlihat warna dasar plastiknya yg berwarna hijau, dapat kawan lihat pada gambar terlampir berikut ini.




Bagian ke dua yang membedakan adalah warna jaket hoody yang di ikatkan pada bagian perut Mike, untuk Mike Recast berwarna dasar coklat, sedangkan yang asli seharusnya berwarna abu-abu seperti pada Mike nomor 3. Bagian ke tiga yang membedakan adalah bagian sarung tangannya, kalau pada figur recast warna sarung tangan terlihat lebih putih terang, sedangkan untuk produk aslinya warnanya lebih ke krem.


Bagian ke empat yang membedakan adalah pada bagian celana Mike. Pada figur Mike nomor 3 memiliki cetakan warna dasar asli abu-abu gelap dengan bagian jari kaki yang di beri warna hijau sesuai dengan warna badan kura-kura, dan pada figur recast Mike nomor 2 bagian celananya  itu cetakan dasar kaki berwarna hijau lalu di cat berwarna abu-abu gelap, dan pada bagian jari-jari kakinya di beri warna hijau terang yang kurang senada dengan warna badan kura-kuranya.




Bagian Utama yang paling membedakan adalah pada telapak kaki kiri, kalau pada figur Recast Mike nomor 2 merk yang di cantumkan adalah "Praymates", kalau yang asli jelas "Playmates" donk hehehe... Pada telapak kaki kanan kode tulisan yg tercantum kurang lebih sama, hanya saja terlihat dari yang asli cetakan basenya lebih kotak, yang recast agak berbentuk trapesium. Jenis font yang digunakan untuk merk juga kelihatan berbeda antara yang asli dengan yang recast. Satu lagi yang membedakan adalah pada bagian Peg pada kaki, kalau figure Recast pegnya warnanya polos hijau, sedangkan produk asli pegnya berwarna abu-abu sama seperti warna celana. Di bawah saya lampirkan gambar peg pada kaki Mike Recast nomor 2.


Mike Recast saya dapatkan 1 set komplit dengan Donatello, Raphael, dan Leonardo, dengan harga jauh di bawah harga set figur aslinya, Yups... berlakulah pedoman "Ada Harga Ada Kualitas" hehehe, Tetapi beli yang recast juga tidak ada ruginya loh kalau kawan mau buat bahan custom, dan kelebihan recast produk ini di aksesorisnya, kalau aksesoris produk asli tidak berwarna atau asli polos warna cetakan plastik, sedangkan yang aksesoris tmnt recast lebih berwarna seperti gambar berikut.


Berikut saya lampirkan beberapa gambar yang dapat menjelaskan kualitas dari TMNT 2014 produk Recast.



Sekilas kalau di foto dari jauh hampir tidak berbeda dengan produk asli. Hanya saja saya mendapatkan donatellonya dengan kondisi cat kurang bagus, yaitu pada penempatan warna mata pada ikat kepala yang melenceng melorot ke bawah mata kirinya.


Dapat saya lampirkan juga pembanding untuk figur Raphael asli dengan Recast. Saya ambil contoh gambar asli figur TMNT 2014 Raphael dari google sebagai pembanding dengan recastnya, yang dapat saya temukan perbedaan paling mencolok adalah pada bagian ikat kepala sabuknya, kalau yang figur asli ikat kepala sabuknya berwarna silver sedangkan yang racast polos tidak berwarna.


Untuk kualitas bahan yang digunakan plastik bahan recast menurut saya kurang bagus, agak empuk dan sedikit berminyak teksturnya, bau plastik agak menyengat di hidung yang menurut saya kurang ramah kalau untuk anak kecil. Yups sekali lagi saya tekankan "Ada Harga Ada Kualitas" Hehehe... Ok... Ok... Ok???
Bagi yang suka custom silahkan di borong figur-figur ini mumpung jauh dari harga pasar, bagi kolektor yang kepingin harga murah juga boleh di borong untuk mengobati rasa penasaran figur TMNT 2014 yang tak kunjung juga muncul di retail Indonesia ( seperti saya hihihi ) hmmm...
Akhir kata saya Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kawan sekalian, Kritik dan saran boleh kalian bagikan kepada saya supaya menjadikan blog ini lebih baik di ke depannya nanti, apabila kawan suka dengan review saya kawan boleh share atau merekemondasikan blog saya kepada teman-teman kalian ( dengan klik pada tombol g+ pada bagian kanan atas blog ), atau dapat memfollow saya dengan mengklik tombol g+ pada bagian Subscribe. Kalau pun ada makian atau hinaan tolong di simpan sendiri ya :P... hihihi... Peace.. Tetap Semangat... & Tetap Koleksi... Okei... Yo... Joe...!!! Sampai Jumpa... di Next Review... Terima Kasih... GBU All...


1 komentar:

Peraturan Berkomentar :
1. Kritik, Saran, & Komentar Yang Positif,
2. Dilarang menggunakan kata-kata SARA, Porn, dsb,
3. Dilarang Spamming.