Cari Blog Ini

Rabu, 17 September 2014

Tips Reparasi Joint Pangkal Paha Figur G.I. JOE

17 September 2014

TIPS CARA MEMPERBAIKI JOINT KHUSUSNYA JOINT PANGKAL PAHA PADA FIGUR G.I. JOE



Halo...!!! Bagaimana kabar kalian??? Jumpa lagi bersama saya Edwin host hobi375.blogspot.com. Pada pertemuan kali ini saya akan berbagi Tips cara memperbaiki joint pangkal paha pada figur G.I. Joe. Memang penyakit letoy bagian paha figure G.I. Joe paling sering terjadi dari mulai seri vintage sampe sekarang ( efek dari joint pangkal paha yang letoy membuat figur susah di berdirikan ), Nyebelin sih hehehe... Tetapi tenang saja kawan saya akan berbagi ilmu cara menjadikan jointnya kenceng lagi... Uhui... ( Bukan Mak Er*t loh ya hihihi... ), Yuk langsung saja kita mulai bahasannya Jreng...Jreng...
Ada banyak cara membuat joint paha figur G.I. Joe menjadi kenceng lagi, tetapi saya akan membagikan 2 macam cara yang saya pahami dan saya sering gunakan kepada kalian. Terlebih dahulu bahan yang harus kalian sediakan adalah "Kutek Bening" dan "Isolasi Pipa PVC", Alat yang harus kawan sediakan adalah obeng plus yang ujung plusnya sesuai dengan ukuran kepala baut pada paha figur, berikut saya lampirkan gambar untuk bahan, dan alat.



Di sini saya akan mempraktekkan 2 macam cara secara bersamaan, yaitu cara pertama dengan menggunakan bahan kutek bening dan cara ke 2 menggunakan bahan isolasi pipa. Langkah awal yang harus kawan lakukan adalah membuka baut pada paha kiri dan kanan figur G.I. Joe.


Selanjutnya setelah selesai melepas bautnya kawan dapat melakukan proses pemisahan bagian kaki dengan badan figur G.I.Joe, dan hasilnya seperti gambar berikut.


Perlu diperhatikan kawan pada saat membelah atau membuka bagian paha, kawan harus membukanya dengan hati-hati agar supaya peg di dalam paha tidak patah, dan kalau misal susah buat membuka bagian pahanya, jangan di lanjutkan lagi dikarenakan memang ada beberapa figur G.I.Joe yang lolos dari kontrol kualitas yang menyebabkan bagian paha tersebut susah buat dibuka atau seperti kena lem ( note : pernah mengalami pada beberapa figur G.I.Joe koleksi saya ). Dan 1 lagi yang perlu diperhatikan pada saat membuka part paha ada bagian yang terdapat bantalan karet kecil ( seperti gambar saya lampirkan di bawah ), kadang bantalan karet tersebut bisa lepas pada saat membuka bagian paha, jangan sampai hilang ya kawan bantalan karetnya hihihi...


Proses selanjutnya, saya akan memberi kode pada ke dua bagian ujung besi joint paha untuk membedakan 2 macam proses reparasi.


Pada Sisi A saya akan menggunakan bahan isolasi pipa, dan pada sisi B saya akan menggunakan kutek bening. Ambil sedikit isolasi pipa, lalu bentuk melapisi bulatan besi joint paha A, hasilnya sebagai berikut.


Untuk bagian ujung besi sisi B saya akan melapisi bulatan ujung besi tersebut dengan kutek bening, seperti gambar berikut ini. 


Catatan kawan penggunaan isolasi pipa dan pelapisan kutek bening pada ke dua ujung besi takarannya secukupnya ya..., jangan melapisinya terlalu tebal dikarenakan kalau terlalu tebal bisa jadi engselnya terlalu kencang dan susah buat di gerakin. Untuk cara pelapisan yang menggunakan kutek bening, diharapkan menunggu kuteknya kering terlebih dahulu sebelum memasang kembali part-part paha, dikarenakan jika part dipasang dalam keadaan kondisi kutek masih basah kutek tersebut dapat bersifat menjadi lem ( waktu kering ), sehingga menyebabkan engsel seperti di lem paten.
Langkah-langkah tersebut di atas dapat saya aplikasikan juga pada figur Ghost Rider Marvel Showdown, hasilnya dapat kawan lihat pada gambar berikut.


Setelah kutek betul-betul kering, kawan dapat melakukan step terakhir yaitu memasang kembali part-part kaki pada joint besi yang terdapat pada badan figur. Dapat kawan lihat pada gambar di bawah ini hasil akhir dari pada proses reparasi yang menggunakan isolasi pipa pvc.


Bagaimana kawan??? Mudah Sekali Khan Cara Reparasinya??? Dijamin setelah melalui proses reparasi di atas engsel joint pangkal paha figur Joe kalian akan kembali singset rapet hihihi... bagi yang tidak berani reparasi sendiri dapat kalian meminta tolong pada ahlinya atau teman sesama kolektor yang berani melakukan proses reparasi di atas.
Akhir kata saya Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kawan sekalian, Kritik dan saran boleh kalian bagikan kepada saya supaya menjadikan blog ini lebih baik di ke depannya nanti, apabila kawan suka dengan review saya kawan boleh share atau merekemondasikan blog saya kepada teman-teman kalian ( dengan klik pada tombol g+ pada bagian kanan atas blog ), atau dapat memfollow saya dengan mengklik tombol g+ pada bagian Subscribe. Kalau pun ada makian atau hinaan tolong di simpan sendiri ya :P... hihihi... Peace.. Tetap Semangat... & Tetap Koleksi... Okei... Yo... Joe...!!! Sampai Jumpa... di Next Review... Selamat Mencobra & Terima Kasih... GBU All...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar :
1. Kritik, Saran, & Komentar Yang Positif,
2. Dilarang menggunakan kata-kata SARA, Porn, dsb,
3. Dilarang Spamming.